TIK UJI KOMPETENSI

Nama : Muhammad Rivai Alifianto
Kelas : X MIPA 3
Sekolah : SMAN 1 Bekasi
Mata Pelajaran : TIK & Informatika
Tanggal : 8 September 2021
Guru : Bu Deswati, S.Si

  1. Hardware dibedakan menjdai 3 jenis menurut letaknya pada sebuah sistem komputer, jelaskan dan berikan contoh masing-masing!

=> Hardware dibedakan menjadi 3 jenis yaitu : Hardware input, hardware output, dan process device.

Hardware input = adalah perangkat yang dapat digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer, data yang sudah masuk diolah dalam satu proses. Contohnya mouse, keyboard, mouse pen, disk drive, scanner, dan joystick.

Process device = adalah perangkat yang memproses dan mengolah data pada komputer, sering disebut juga otaknya komputer karena menjadi perangkat yang penting dalam proses pemasukkan dan pengimputan data. Contohnya adalah CPU, RAM, VGA, dan lain sebagainya.

Hardware output = adalah perangkat keras pada komputer yang berguna untuk mencetak dan menampilkan informasi dari hasil input data yang berasal dari hardware imput yang sudah melewati proses hardware process. Contohnya adalah speaker, monitor, dan juga printer.

2. Sebutkan 5 jenis operating system yang kalian ketahui, dan berikan contohnya!

=> 5 jenis operating system :
– Sistem operasi DOS,
– Sistem operasi Windows, contohnya Windows 10 dan Windows 7,
– Sistem operasi Linux,
– Sistem operasi MacOS,
– Sistem operasi UNIX.

3. Jelaskan mengapa memilih dan menginstal driver perangkat yang benar untuk perangkat keras tertentu merupakan komponen paling penting dari konfigurasi sebuah sistem komputer?

=> Kenapa driver komputer merupakan paling penting dalam konfigurasi sistem komputer? Karena driver mempunyai fungsi utama sebagai penyedia transparasi dan bertindak untuk penerjemah perintah antara hardware/perangkat keras dengan sistem operasi atau aplikasi. Dan juga si pembuat aplikasi bisa kontrol hardwarenya dengan gampang dengan mengimplementasikan API (aplikasi program interface) oleh driver, bila driver yang diinstal tidak benar, maka sistem komputer tidak akan berjalan dengan lancar.

4. Penggunaan interface memungkinkan adanya gaya pemrograman yang disebut pemrograman ke interface, jelaskan maksud pernyataan tersebut!

=> Jadi sebelumnya, interface itu tampilan visual produk yang mewadahi antara sistem sama penggunanya. Maksud dari pemrograman ke interface yaitu, adanya programming untuk tampilan visual untuk misalnya sistem operasi, aplikasi, website, atau juga blog, biar terlihat menarik.

5. Sebutkan syarat supaya pengguna dapat berinteraksi dengan baik ketika menggunakan komputer!

=> Yang pertama komputer yang digunakan dalam kondisi normal tanpa ada gangguan/kerusakan. Yang kedua jaringan internet, internet yang dipakai tersambung dengan lancar. Yang ketiga komputer tidak terkontaminasi oleh virus yang menyerang sistem komputer. Sedangkan pengguna menggunakan komputer dengan baik, tidak gegabah, agar tidak rusak.

Sekian tugas TIK & Informatika dari saya yang sudah saya kerjakan, terima kasih!

1 Comment to “TIK UJI KOMPETENSI”

  1. By azril, September 15, 2021 @ 4:41 am

    wahhh sangat informatif sekali

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply