Air Kelapa Hijau Agar Bayi jadi Putih, Mitos atau Fakta ?

Kelapa HijauSewaktu Zeze Vavai dalam kandungan, kerap ada pesan dari orang tua dan sanak family saya agar mamanya Zeze Vavai banyak minum air kelapa hijau agar kulit bayinya putih dan rambutnya lebat. Selain air kelapa hijau, bubur kacang hijau juga dianggap bagus. Benar nggak sih ?

Saya pribadi nggak tahu ini fakta atau mitos tapi karena air kelapa hijau memang menyegarkan, mamanya Zeze Vavai senang meminumnya. Kami punya langganan penjual kelapa yang memilihkan kelapa hijau yang bagus dan airnya segar dan hampir setiap hari kami menyediakannya. Paling tidak 2 atau 3 hari sekali kami membelinya.

Setelah lahir, Zeze Vavai memang berkulit putih. Apakah karena gen hitamnya luntur terkena air kelapa :-D atau memang sudah dari sananya berkulit putih. Saya suka sebal pada iklan yang menyatakan seolah-olah orang cakep hanya berkulit putih, makanya saya tidak terlalu ambil peduli soal pandangan ini. Kalaupun Zeze Vavai berkulit putih, ya itu anugerah dari yang maha kuasa yang patut disyukuri. Yang saya suka, kalau pipinya dicium wanginya segar seperti wangi kelapa muda, hehehe…

Zeze Vavai - Kulit Putih :-DJika membaca literatur dari berbagai sumber, dokter menyatakan bahwa khasiat kelapa hijau membuat bayi berkulit putih adalah sekedar mitos. Air kelapa hijaunya sendiri baik untuk kesehatan karena mengandung elektrolit namun minumnya juga jangan terlalu banyak.

Selain air kelapa hijau, pernah ada yang menyarankan agar meminum Virgin Coconut Oil (VCO) agar proses persalinannya lancar. Namanya minyak, kan licin tuh, harapannya si bayi bisa meluncur dengan mudah, hehehe… Entah benar entah tidak, yang jelas Zeze Vavai lahir dengan mudah karena operasi caesar :-).

Oh ya, bagi yang belum tahu kelapa hijau, ini bukan berarti kelapa yang kulitnya hijau. Kelapa hijau memang umumnya berkulit hijau tapi ada juga yang agak kecoklatan. Identifikasi kelapa hijau bisa dilihat dekat pangkal buah, kalau diiris akan terlihat kemerahan. Harga kelapa hijau lebih mahal daripada kelapa muda biasa.

Berikut adalah beberapa literatur yang saya dapatkan dari hasil browsing.

Saya dengar jika meminum air kelapa hijau, maka kulit bayi yang lahir akan putih. Benarkah demikian?

Wah belum ada penelitian tentang hal tersebut. Selama hamil kebutuhan akan air minum memang meningkat, jadi minum air putih termasuk air kelapa hijau baik untuk kehamilan anda.
(http://www.hypno-birthing.web.id/?page_id=27)

Minum air kelapa hijau menyuburkan rambut bayi.Fakta : Tak ada hubungannya dengan rambut bayi. Air kelapa hijau memang menyehatkan karena mengandung elektrolit. Baik orang hamil maupun tidak, boleh minum air kelapa hijau supaya tetap bugar. (http://www.parentsguide.co.id/dsp_content.php?pg=hns&emonth=04&eyear=2006)

Manfaat dari kelapa hijau

Question :Dear Dr. Wati & SP’s
Saya pernah mendengar bahwa ibu hamil mengkonsumsi kelapa hijau akan memberikan dampak positif bagi janin yang dikandungnya. mohon penjelasannya, apakah hal tersebut benar dan dapat dijelaskan secara ilmiah ?
RegardsS. Tioss H

Answer 1 : Wah,…setau saya belum ada penjelasan ilmiahnya..katanya sih kalo minum kelapa hijau, kulit bayi yang dilahirkan bersih, putih dan tidak ada lemak2 dikulit…Menurut saya itu cuma mitos,… karena minum air kelapa hijau malah membuat tubuh Ibu hamil menjadi lemas.Saya ga minum air kelapa hijau, tapi bayi saya lahir dengan kulit yg bersih, gak ada lemak2 dikulitnya gitu.,…Canditya

Answer 2 :dear papa nya tios,
waktu hamil juga mamah ku wanti-wanti utk minum air kelapa hijau, yg katanya biar ke bayi bersih. malah menurut beliau air kelapa hijau bisa utk menurunkan panas tinggi. aku sendiri percaya gak percaya sih, cuma minumkarena mamah ku bawain. aku yakin anakku bersih, sehat, karena kecukupangizi yg aku makan tdk hanya kelapa hijau aja.so, sharingku, lebih baik ibu hamil percaya sama yg pasti-pasti aja deh,maksudnya klo anak mo bersih, pinter, sehat… ya asupan gizi si ibu harusbener2 di filter, gak sembarangan..begitu pak, maaf tdk banyak membantu
Henny[Ibunya Audrey]

Answer 3 : kalo pengalaman saya dulu, menurut DSOG saya, kelapa hijau itu justru kadar garamnya tinggi …so, jangan terlalu sering .prinsipnya sih, orang hamil itu kan bukan orang sakit, yang ini gak boleh, itu gak boleh atau sebaliknya.segalanya boleh asal tidak berlebih.soal kaitannya dengan kulit bayi yang bersih, rasanya sih itu cuma mitos aja.saya dulu rasanya selama hamil cuma beberapa kali aja minum kelapa hijau, tapi bayinya lahirnya juga bersih.( sama mitosnya kayak kacang hijau dengan rambut tebal, dulu saya hamil gak pernah sama sekali makan kacang hijau, tapi daffa lahirnya rambutnya gondrong dan lebat, sementara teman saya yang tiap hari makan kacang hijau 2 mangkok, tetep aja rambutnya sedikit dan tipis )Soebroto,ani
(http://www.sehatgroup.web.id/review.asp?id=96)

Category: Zeze Vavai
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
47 Responses
  1. Dwi says:

    Ya gimana ga putih kak Vai+uminya aja putih, masak anaknya item?!!(perlu dipertanyakan ntar, ini anak uminya atu audi item?? hehehehe)

  2. Vavai says:

    padahal papanya Zeze Vavai hitam lho, Dwi :-D

  3. Pingback: torrenty
  4. Pingback: Counter Strike
  5. Pingback: Smieszne filmy
  6. iki says:

    dats gud!! i`ll ask my wife to drinks a lot of coconut juice!!! thanks.

  7. Wahoo says:

    Thank you for sharing!

  8. Aji says:

    Klo gw sih sim percayanya membuat bayi bersih dan melihat fungsi kelapa yang dapat menetralisir racun juga baik tuk si bayi….

  9. Agung K. says:

    Mungkin aja ada benarnya kelapa hijau banyak manfaatnya, terbukti pada anak saya yang sekarang berumur 1 tahun proses kelahirannya lancar & kulitnya putih bersih….trs

  10. rena says:

    iyah tuh… temen kantor g lg hamil 7 bulan juga tiap hari minum air kelapa. Tapi yang dalam kemasan, namanya Fatigon Hydro +….. Produk baru sih katanya. Saya lg cari2 tapi blom ketemu

  11. wisata bali says:

    wah…perlu dicoba ini, kalo di minum tiap hari ga over dosis mba ???

  12. kemunk-H2s says:

    masalah mitos ato ga, saya juga ga tau. yang pastinya saya minum kelapa hijau karena waktu hamil terkena penyakit cacar.
    he,,, jadi tujuanya buat menurunkan panas tubuh and panas dalam.

  13. Mama rafi says:

    Waktu hamil 4 bulan saya uda mulai rajin minum air degan ijo,minimal skali seminggu.menurut orang2 sih biar kulit anakq jd putih,dan beneran waktu lahir rafi kulitnya putih dan ga ada lemak yg nempel,rambutnya uda gondrong.. tapi stelah umur 1 bulan mulai keliatan wrna kulit aslinya,agak2 coklat gtu..

  14. marsudi says:

    apakah air kelapa ada hubungan dengan kolesterol…???????
    tolong bantuannya
    dan kirim ke email saya..terima kasih…..

  15. ocha says:

    bikin penasaran azaaaa.. he he.. gw lg hamil 6 bulan, skg lg rajin minum susu saridele.. woooowww seger nikmatnya

  16. wisnutradec says:

    mana bisa tau bapaknya vavai hitam atau putih jelas gk percayalah orang gk ada fhoto bapak ama mamanya vavai

  17. iin says:

    whoaa… smoga bayiku putih dan wangi kelapa yg seger itu. eh..

  18. fitrianggreyeni says:

    saya lagi hamil 2bln, sudah boleh atau belum ya….minum air kelapa ijo

  19. gunawan says:

    apa bener air kelapa ijo di minum sama wanita yg sedang hamil bisa mengakibatkan pusing/sakit kepala,soalnya istri saya setelah minum air kelapa 15 menit kemudian kepalanya langsung pusing,kandungan istri saya 1bln dan ini anak pertama kami

  20. Vavai says:

    @fitrianggreyeni, @Gunawan,

    Waktu isteri saya sih mulai minum air kelapa diusia kehamilan > 4 bulan. Soal apakah bikin pusing atau tidak saya kurang paham, mungkin dokter bisa lebih tahu apakah boleh atau tidak

  21. mg says:

    Fisik janin itu akan mengikuti org tua’y, tmsk rambut dan warna klt. Jd mknn ato mnmn itu sft’y u mjaga kondisi ibu hml dan janin’y, dan mbantu proses khamilan/psalinan aja, bkn u mpengaruhi bentuk fisik janin.

  22. Na says:

    Mnm air kelapa kenapa y kok jd lemes?skrg sy hml mau 8bln.ad yg tau ?äª??mksh.???????????”?

  23. Na says:

    Mnm air kelapa kenapa y kok jd lemes?skrg sy hml mau 8bln.ad yg tau ?äª??mksh.???????????”?

  24. mama jelita says:

    Ah itu ?ª?? blg “?äª minum aer kelapa jg anak gw putih,itu mah org2 belagu aja,sok kecakepan”

  25. Vavai says:

    @Mama Jelita,

    Berarti beruntung sudah langsung cakep tanpa perlu usaha tambahan. :-)

  26. Pingback: Ilmu Kebidanan
  27. ROY says:

    AIR KELAPA INI LANGSUNG DIMINUM ATU DI KASIH ES DLU YA

  28. Vavai says:

    @Roy,

    Bisa langsung diminum maupun didinginkan dulu, tapi es-nya jangan terlalu banyak, nanti malah nggak bagus :-D

  29. metha says:

    tepat’y ibu hamil blh memulai mnum air klapa itu saat usia khamilan bro y?
    pengen mnum tp tkut kl usia khmiln msh muda,kt’y ad yg blg mlah bs mnybabkn kgugurn….
    bner ga seeh?

  30. Vavai says:

    @Metha,

    Waktu isteri saya sih mulai minum air kelapa diusia kehamilan > 4 bulan. Untuk pastinya diperbolehkan atau tidak bisa dikonsultasikan ke dokter. Biasanya dokter memperbolehkan, namun bukan karena alasan kulitnya putih, namun lebih karena airnya enak dan menyegarkan. Meski demikian, tetap jangan sampai berlebihan juga.

  31. tasya says:

    anak saya kok putih ya ..padahal sya dn bapaknya gak putih..biasa” aja..
    Anak” saya putih”..apa krna saya sering mnum air klapa hijau??
    Wktu k dokter kndungan sya..d bolehin aj mnum air klapa soalnya air klpa bagus buat ibu hamil,agar tdk dehidrasi dn jg mmpu mmbrsihkn sluran kencing.
    Tpi dgn batas wajar per gls 1-2 hari:

  32. acenk says:

    saya hitam istri saya juga itam,, semoga dengan minum air kelapa hijau anak saya berkulit putih atau setidaknya lebih putih dibanding saya dan ibunya,hehehhe

  33. yudi bro says:

    Wah mantap tuh..apalg minumnye dipinggir pantai Suegerrrrr tenaaan brooo…!!

  34. Ainun Beaipons says:

    Wah mo nyoba nti kl hamil…^_^…

  35. iis says:

    oy bunda” ak mau tanya ni.yang kita minum air kelapanya aja/sama daging kelapanya ya?? sekarang ak lgi hamil 7 bln ak pngn coba mnm kelapa hijau.

  36. natalie says:

    sekrg q lg hamil anak ke 2,dulu wkt hamilnya anak pertama q rajin minum air kelapa muda.dan saat lahr natalie memang putih bersh,sampe sekrg byk org yg memuji anakku kl aku bw jaln”.bahkan kepasarpun byk yg menyukai natalie.ada jg yg ga caya kl natalie adalah putriku,iks…

  37. syukur says:

    istriku hamil pertama rajin sekali minum air kelapa sama dagingnya juga, hamil anak kedua, jarang sekali, pas lahir keduanya sama-sama bersih hehehe….

  38. Rowin says:

    Tp bs jp juga tuch cz bxk buktnxa

  39. terimakasih banyak atas infonya gan.malam

  40. erma says:

    insyaallah ga ada pantangan mkn apapun buat ibu hamil. mau itu cuma air kelapanua ato brg dagingnya. rumusnya adalah jgn berlebihan. itu aja qo. kecuali makanan yg haram ato makanan yg klo dimakan ibunya alergi. itu yg perlu dhindari. klo hbs mnm air klapa trus pusing… apkh bnr dr air klapanya? barangkali aktvts hr itu ckp mrlelahkn shg bkin pusing. ato mmg kadar Hb ibu yg rendah. yg ptg percaya n yakin aja klo ga akn menimbulkn masalah. tp klo was-was biasanya mlh krjadian. kondisi ibu hamil tiap orang berbeda. shg ibu hamil tsb yg tau sebdiri oo mknn ini dimakan qo bkin ga nyaman. yo brati ga. perlu dmkn. cr ganti jns mknn lain biar asupan gizinya ttp bgs.

  41. tia praswoto says:

    Waktu q hamil umur 2 bln setelah q minum kelapa hijauu selang 1 hari peruut menjadi sakit truuus keguguran …. Sekarang jd rada2 tkut utk minum lg soal y sudah positif di nyatakan dokter .

  42. orpa says:

    kalau di daerah saya air kelapa hijau memang sdh terbukti dapat membuat bayi putih bersih dan tak bersisik ketika lahir,walaupun ke2 orang tuax hitam,selain itu kulitnya enak dicium,saya dulu asupan gizinya saat hamil kurang karena bawaannya mual terus sampai menginjak umur 7 bulan ,nanti kandungan saya umur 8 bln baru saya mulai mengkonsumsi air kelapa soalnya untuk kandungan yang berumur muda jangan coba-coba mengkonsumsi air kelapa karena dapat menyebabkan keguguran.

  43. hanari says:

    katanya sih memang begitu, kalau dari ilmiahnya ga tau deh

  44. Alma says:

    Awas yah bunda bunda jangan terlalu percaya sama yang kaa gitu gituan entar masuknya malah ke musyrik ‘menduakan allah’
    udahlah mau item mau putih minta disehatkan aja bayi kita bun, karna sehat itu mahal banget :)

  45. erma witanti says:

    Semua itu jika blm ada penelitian ilmiah masih mitos ya, jadi boleh percaya atau tidak, kalau saya mgkin cenderung percaya trhadap manfaat air kelapa hijau, krn dalam kedokteran yg prnh saya lihat di Tv,katanya bisa membuat ketuban jd bersih bening,meski orang jaman dahulu tidak pake penelitian, tp mereka belajar lgsung dr alam, dan banyak kq buktinya, teman saya dua”nya item keturunan,anaknya putih bgt,waktu aku tanya kq bisa putih,katanya rajin minum air kelapa,teman” saya yg lainpun begtu, ibunya pengen putih aja pake segala macam pemutih suaminya jg tdk putih, tp mereka semua rajin minum air kelapa hijau, anak mereka putih semua,dan semua jg mengaku kl rajin minum air kelapa hijau,mgkin untuk bbrapa orang akan durasakan manfaatnya dan untuk bbrapa org lain tidak brkhasiat,itu krn setiap kondisi tubuh org berbeda”, percaya atau tidak coba saja gak ada salahnya, wong cm air kelapa,gak mungkin musyrik kq,efek mmg kdg lemes krn pipis terus itu dialami sebagian besar org. Selamat mencoba ya,,bunda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>